Rabu, 20 Januari 2016

Desa di Kepri Masih Banyak Tertingal



Desa di Kepri Masih Banyak Tertingal

PINANG-kabid sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri, Faharudin  menyatakan indeks pembangunan desa (IPD) di Kepri berada di 2 posisi terbawah Sebelum Sumatra Utara.
“ Dari 250 desa yang ada di Kepri terdapat 95 desa yang tertingal. Di Natuna terdapat 25 desa yang tertigal,di Anambas ada 17 desa  tertingal, dan  paling banyak  desa tertinggal itu terdapat di Lingga yakni berjumlah 34 desa ,” ujarnnya di kantor BPS Kepri (15/12)
Menurut Faharudidin banyaknya desa tertingal di kepri ini disebabkan masih lemahnya insfrastruktur dan masih buruknya pelayanan yang berada di Desa-desa tertinga serta masih kurangnya transfortasi.
Faharuddin mengatakan kepri sangat jauh tertingal dalam hal pembangunan Desa bila dibandingkan dengan Sumatra Barat (Sumbar) di mana  IPD nya  berada di urutan pertama
.” IPD di Kepri hanya sebesar 18,28 persen sedangkan IPD terbaik berjumlah 77,64 persen’” tuturnya.
Faharuddin juga mengatkan terdapat 4 desa mandiri yang ada di Kepri yakni 2 desa terdapat di Bintan, 1 desa di Lingga dan 1 desa lagi berada di Anambas.
Faharuddin berpesan untuk tidak hanya fokus membangun di kota saja sehingga melupakan penduduk yang berada di desa.
“ jangan memperhatikan pembangunan di Kota saja tetapi kita juga harus memperhatikan pembangunan desa-desa yang ada di kepr dan jangan sampai melupakan penduduk yang ada didesa” ujarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar