Rabu, 18 November 2015

Solidaritas Bentuk Program Kemasyarakat



Solidaritas Bentuk Program Kemasyarakat

PINANG - Penjabat Gubernur Kepri, Agung Mulyana beserta para veteran Tanjungpinang melaksanakan Upacara dan ziarah nasional ke Taman Mahkam Pahlawan (TMP) untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan bangsa. 

"Dengan kegiatan ini kita ingin memupuk rasa solidaritas dan kesetiakawanan. Karena para pejuang bangsa rela memberikan nyawanya tanpa memikirkan imbalan sehingga perlu memperjuangkan cita-cita mereka," ujar Agung usai mengikuti rangkaian upacara dan tabur bunga di komplek TMP Jalan Gatot Subroto Batu 5 Bawah, Tanjungpinang. Senin (9/11).

Dari rasa solidaritas ini nantinya akan muncul berbagai program untuk masyarakat. Diantaranya program bantuan pendidikan, bantuan kesehatan serta bantuan sosial dan kesejahteraan.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kepri, Edi Rafiano mengatakan berencana membangun makam pahlawan yang baru yang lebih luas. Namun hingga saat ini lokasi unttuk pemakaman yang baru belum di temukan. “Jika sudah dapat tempat yang baru maka kita akan bangun makam yang lebih luas. Supaya pemuda-pemudi dan anak sekolah juga bisa mengikuti acara ziarah seperti ini,” ujar Edi.

Menurut Edi, pemerintah sangat memperhatikan para veteran yang ada di Kepri itu ditunjukan dengan memberi bantuan sebanyak tiga kali dalam setahun sebesar Rp2 juta.

Selain itu, Edi juga menjelaskan mengenai pengajuan Sultan Mahmud Riayat Syah sebagai pahlawan Nasional. Menurut Edi  syarat yang diajukan belum lengkap dan akan segera dilengkapi. "Untuk pengajuan menjadi pahlawan nasional itu harus terpenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan dan itu akan segera kita penuhi," ujarnya.

Selain itu, Edi juga menambahkan dalam penguatan kajian pengajuan Sultan Mahmud Syah sebagai pahlawan nasional, pihaknya akan segera melaksanakan seminar hasil kajian terbaru mengenai Sultan Mahmud Riayat Syah pada tanggal 3 Desember mendatang. "Kita sudah siapkan bahannya dan sudah kita undang ahli sejarah Universitas Indonesia serta dari Arsip Nasional," kata Edi.

Peringatan Hari Pahlawan dipimpin Danrem 033/WP Kepri Kolonel Inf Madsuni serta dihadiri Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul dan perwakilan Danlantamal, Danlanud, Kapolres Tanjungpinang serta siswa.
Berita anak magang *Vivi dan Isti 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar